Jumat, April 06, 2012

Perubahan Butuh Proses

Posted by tuslia on 4/06/2012 08:00:00 PM with No comments
Punya pasangan yang selalu menuntut perubahan? Jika diminta untuk berubah, biasanya sih kamu akan menjawab, "Kamu ingin aku berubah? Berarti kamu nggak mencintai aku dengan tulus? Sebelum bertemu kamu, aku begini. Ketika PDKT-pun kamu tau aku begini. Lalu kenapa sekarang kamu inginkan perubahan?" Iya kan? *maksa* Haha Ya nggak semuanya tepat sih, tapi pasti ada bagian yang diucapkan, kan? *tetep maksa* (soalnya gw pengalaman. haha)

Nah, bijaknya sih ya, jangan langsung dikomentarin begitu. Seharusnya kamu lihat dulu perubahan yang pasanganmu inginkan. Bisa jadi perubahan itu demi kebaikan kamu sendiri. Bisa saja tandanya dia ingin serius dan melangkah lebih jauh tapi sikap kamu masih kekanak-kanakan sehingga dia inginkan perubahan. Atau dia ingin mengubahmu menjadi calon istri yang ideal. Duh... serius gini. haha


Mengubahmu menjadi calon istri ideal maksudnya gimana? Misalnya saja, dia ingin kamu menjadi lebih rajin, baik ibadah maupun membantu kedua orang tua atau menginginkan kamu belajar memasak. Kedua hal itu kan tidak merugikan, justru nantinya menguntungkan diri sendiri. Jadi, bagaimana menyikapinya? Dipikirkan baik-baik dan berjanji padanya bahwa kamu akan berubah. Tapi jelaskan padanya bahwa perubahan itu tidak ada yang instan jadi dia harus sabar.

Contoh saja penyu. Untuk mencapai tepi pantai, anak penyu butuh perjuangan. Nggak langsung "ting!" sampai di lautan lepas, kan... Contoh lain anak burung. Burung itu butuh proses dan belajar agar dia bisa terbang. Sayapnya pun nggak langsung kuat menahan gravitasi, bukan?

Jadi tidak ada perubahan yang langsung sesuai keinginan. Segalanya butuh proses. Nah, dalam berproses nantinya akan ada pembelajaran. Perubahan yang pakai proses itulah yang nantinya akan menjadi perubahan yang kekal. Nah, kalau udah kekal kan nggak akan kembali kekebiasaan lama tuh. Jadi, nggak akan ngecewain pasangan lagi karena kebiasaan lama itu datang kembali.

Tapi... Pasangan kamu juga harus ngerti, bilang sama dia untuk menjadi seekor angsa bukan hal yang mudah, jadi jangan terlalu menuntut perubahan yang cepat :D. Lagipula, pasangan mana sih yang nggak ingin membuat senang pasangannya? Minta pasangan kamu untuk sabar, bilang juga kalau kamu pengen banget bikin dia bangga karena memilikimu, meskipun kamu sadar bahwa kemampuanmu terbatas. 

Nah, kalau kamu udah berbicara baik-baik tapi si pasangan masih kekeuh minta kamu berubah secara instan. Tandanya dia egois, dia hanya mementingkan diri sendiri. Dia hanya ingin menjadikan kamu kebanggaan dan dipamerkan kepada teman-temannya kalau dia punya pacar yang hebat. Kalau sudah begitu, katakan padanya, "Pacaran saja dengan piala, jadi kamu bisa memajangnya dan bangga karena memilikinya." :))

Oke sip, ini hanya sekadar tulisan. Jangan dianggap serius apalagi beneran diikuti. Ini ajaran sesat lho. haha

Sekian dan terima komentar. :)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar