Kamis, Maret 08, 2012

Mengubah Template Blogspot Tampilan Baru

Posted by tuslia on 3/08/2012 03:09:00 AM with No comments
Hiyaaa... iseng banget kayaknya gw bikin ini, abis gw sendiri gregetan pas mau ubah template tapi kebingungan sama perubahan tampilan dari blogspot. Eh, tapi kalau nggak salah perubahannya ini sesuai keinginan kita ya, kalau mau tampilan baru tinggal klik gitu deh. Atau sekarang udah otomatis berubah? Entahlah...

Nah, intinya apa sih gw bikin posting ini? Niatnya ingin membantu teman-teman yang kesulitan dalam mengubah template blogspot yang baru. Kalau masih pake blogspot tampilan lama, kalian bisa liat posting dengan judul Mengubah Template Blogspot dan Menambah Gadget (Tampilan Blogspot Lama).


Sebenarnya kalian bisa aja sih searching di google, kayaknya udah ada deh yang posting, tapi demi teman-teman yang ada di sini, gw bikin langkah-langkah jelasnya deh.
  1. Cari template yang sesuai dengan tema blog atau sesuai keinginan. Sejauh ini ada dua situs free template yang sering gue pakai untuk mengunduh template, yaitu di sini dan di sini. Tips: Pilih template yang tulisan (postingan) kalian terletak di sebelah kiri agar nanti tulisan kalian lebih cepat terlihat dibanding aksesoris. Pilih template yang jumlah kolomnya tidak lebih dari 3 karena akan membuat kolom postingan kalian terlihat kecil sehingga membuat pembaca kesulitan membacanya.
  2. Setelah membuka dan memilih salah satu template yang sesuai keinginan, klik download.
  3. Biasanya hasil download-an tersebut bertipe .zip atau .rar, sebelum digunakan di-ekstrak terlebih dahulu hingga tipenya .xml.
  4. Setelah itu, log-in blogspot, masukan email dan password.
  5. Klik Desain pada navbar (terletak pada bagian atas halaman blog). Jika tidak ada, coba iseng buka blog teman lainnya yang ada navbar-nya, nah tinggal klik Desain pada navbar yang ada di halaman blog teman kalian.
  6. Sebaiknya simpan atau back up template lama, sebelum mengubah template menjadi yang baru dengan cara klik Cadangkan / Pulihkan yang terletak pada sudut kiri. Setelah itu, klik Unduh template lengkap.
  7. Setelah mem-back up, klik choose file di bawah Unduh template lengkap tadi. Pilih file template (.xml saja) yang sebelumnya sudah di-download dan di-ekstrak.
  8. Setelah itu pilih save template dan template pun sudah berubah. Klik Lihat blog untuk membuktikannya.
Oke sip, jika ada yang ingin ditanyakan silakan saja. Atau biar lebih puas, coba aja tanya Mr. Google X))
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar