Jumat, Juli 01, 2011

Mengubah Template Blogspot dan Menambah Gadget (Tampilan Blogspot Lama)

Posted by tuslia on 7/01/2011 01:10:00 PM with 3 comments

Sebenarnya artikel tentang template udah banyak bertebaran di dunia maya, apalagi kalau kita searching via Mr. Google, tapi masih ada aja yang nanya sama gue bagaimana ngubah template seperti yang ada di blog ini. Makanya untuk memudahkan dan lebih jelas (supaya gue juga nggak berulang kali ngejelasin), gue akan menulis sedikit info yang gue lihat di beberapa situs. Pastinya gue akan memberikan sumbernya.


GANTI TEMPLATE (Untuk New Template)
Sebelumnya, mungkin ada yang masih nggak tahu, apa sih template blogger itu? Untuk pengertian yang sebenarnya, gue nggak tahu definisi blog template. Yang gue tahu, template pada blog itu ya tampilan yang terlihat pada blog kita: bisa dibilang skin (kulit), background (latar belakang), atau bahkan tema. Template blog itu sendiri sebenarnya bisa kita rancang sesuai keinginan kita, hanya saja kita harus mengetahui lebih dalam tentang peng-code-an HTML. Nah, bagi gue yang masih awam dengan peng-code-an tersebut, gue cari cara yang instan aja, yakni dengan men-download template. Biar lebih mudah, berikut urutannya:

  1. Cari template yang sesuai dengan tema blog atau sesuai keinginan. Sejauh ini ada dua situs free template yang sering gue pakai untuk mengunduh template, yaitu di sini dan di sini. Tips: Pilih template yang tulisan (postingan) kalian terletak di sebelah kiri agar nanti tulisan kalian lebih cepat terlihat dibanding aksesoris. Pilih template yang jumlah kolomnya tidak lebih dari 3 karena akan membuat kolom postingan kalian terlihat kecil sehingga membuat pembaca kesulitan membacanya.
  2. Setelah membuka dan memilih salah satu template yang sesuai keinginan, klik download.
  3. Biasanya hasil download-an tersebut bertipe .zip atau .rar, sebelum digunakan di ekstrak terlebih dahulu hingga tipenya .xml.
  4. Setelah itu, log-in ke blogspot, masukan email dan password.
  5. Klik Dashboard, ubah bahasa menjadi Indonesia terlebih dahulu agar tutorialnya sama dengan tulisan ini, lalu klik Rancangan, klik Edit HTML.
  6. Sebaiknya membuat back-up template yang sebelumnya agar kalian masih dapat kembali memakai template yang lama. Caranya klik pada tulisan Download Template Lengkap. (Jika tidak mau mem-back-up, skip perintah ini)
  7. Klik tombol Browse pilih file template (.xml saja) yang tadi di-download dan telah diekstrak. Kemudian klik tombol Unggah.
  8. Apabila muncul peringatan tentang widget, klik pada tombol PERTAHANKAN WIDGET.
  9. Setelah itu klik SIMPAN TEMPLATE.
  10. Dan template pun sudah berubah. klik Lihat Blog.
(Lihat tutorial dengan gambar di sini, judul Mengganti Template dengan template dari penyedia template). Atau mungkin kalian ingin template rancangan sendiri? Bisa liat tutorialnya di sini. Intinya sih di Mr. Google banyak infonya kok, tinggal ketik aja, misalnya Ubah Template pada Blogspot.

Oke, sedikit info dari gue tentang mengganti template, semoga bermanfaat. Maaf kalo sotoy, tapi itulah yang gue dapat dengan modal Mr. Google. hehe Sekedar info, ada template yang menurut gue cute, lihat di sini. Tema : Diary.

Oia, mungkin setelah mengganti template, ada beberapa masalah yang muncul, misalnya gadget atau aksesoris berantakan. Tinggal diubah tata letaknya kok, klik Rancangan. Lalu gadget atau aksesoris pun dengan mudah dapat dipindah-pindah sesuai keinginan kita. Caranya, klik mouse kanan, tahan, pindahkan.


Kalau mau menambah gadget, tinggal klik tulisan Tambah Gadget aja, lalu kita dapat memilih gadget yang diinginkan: ada kalender, teks, entri populer, penghitung halaman, dan masih banyak lainnya. Kalau kurang jelas, sekali lagi, gunakan Mr. Google untuk mencari tata caranya. haha (dibayar berapa ya gue sama Mr. Google sampai begini promosinya. -___-!!). Terakhir, jangan lupa untuk selalu meng-klik SAVE / SIMPAN setelahnya. Abis itu, baru deh klik Lihat Blog.


Eh btw, ini adalah cara mengubah template blogspot tampilan lama ya, kalau tampilan baru beda lagi. Kalau kalian udah pake yang baru, silakan lihat postingan Mengubah Template Blogspot Tampilan Baru.


Sip, segitu aja ah, secara gue bukan profesional dalam bidang nge-blog, hanya bermodalkan Mr. Google, jadi yah, maaf kalau ada yang salah. Kalau salah ditegor aja, biar kita sama-sama belajar. Sekian dan terima komentar... :)
Categories:

3 komentar:

  1. nice post mba, bermanfaat banget bagi yang awam kaya aku akhirnya setelah sekian lama bisa juga, hahahaha

    BalasHapus
  2. hahaha, alhamdulillah bermanfaat, kirain masih nggak bisa juga nis, soalnya komentar di facebook nggak bisa gitu, hehe syukur klo udah bisa. biasanya klo udah ngerti, suka gonta ganti template tuh, hoho....

    BalasHapus