Rabu, Mei 18

Buku Diary Kelas 1 SMP

Sumber Foto: Mr. Google
Beberapa hari lalu, gue sempat mengobrak-abrik lemari di kamar lama yang sekarang ditempati oleh kakak. U know what? Gue menemukan sesuatu yang agak menggelikan soalnya dulu ini termasuk harta karun yang selalu gue jaga, bahkan suka gue bawa ke sekolah....  Apa itu???

Yaitu buku diary.... Ya, karena saking takutnya dibaca sama orang rumah, nih buku gue bawa-bawa ke sekolah. Dan di sekolah kadang-kadang isi diary tersebut, gue tunjukin ke temen-temen. halah halah.... Bahkan, ada satu diary jadi diary bersama. Maksudnya, temen-temen gue suka nebeng curhat di buku itu. Gokil, kan....


Nah, buku yang gue temukan itu adalah buku diary gue pas SMP dan SMA. ckckckck horeeee! #random -___-

Nah, kemarin gue iseng-iseng baca dan isinya bikin gue ngakak, sumpaaah.... Lucu juga pemikiran gue pas SMP dan SMA dulu. Nah, ada satu buku diary yang isinya bukan curahan hati, melainkan biodata temen-temen gue pas kelas 1 SMP. Selain biodata ada beberapa pantun juga, pantunnya kocak-kocak.... Yuk mari kita simak... Jika nanti ada kalimat di dalam kurung, itu menandakan komentar gue ya....

Oke, cekidot... halah.... haha
Sebelumnya, gue deskripsikan dulu bentuk diary gue. Diary ini termasuk diary paling kecil di antara diary lain yang gue miliki.

Seperti ini penampakannya....

Ini tampak depan, cukup mungil kan,
cuma segenggaman tanga
Zaman dulu, pokeman lagi booming jadi maklum kalau buku gue begini. haha Lagipula kalau nggak salah nih diary kado, bukan gue yg milih. Soalnya dulu gue ngefansnya sama Sakura....

Oke, kita mulai deskripsikan isinya. Buku itu dimulai dengan kalimat sambutan dan beberapa peraturan untuk temen-temen gue yang mau ngisi. Tulisan gue cukup rapi untuk anak kelas 1 SMP. haha #narsis

Ini halaman awal yg berisi peraturan bagi pengisi biodata


Kalau yang kurang jelas, halaman awal tulisannya begini...

Halaman 1

Kalau kamu-kamu pada mau isi, isi aja tapi ada syaratnya!
1. Bilang dulu sama Lia
2. Ngisinya pake pulpen
3. Harus ada Boxin/ Doi/ Pacar
4. Dan juga ada Motto
5. Harus ada pantun
OKE DEH SELAMAT MENGISI!

Halaman 2

minimal bgt; 2 lembar
maksimal bgt; 3 lembar
kecuali kalau udah dibolehin

Halaman selanjutnya adalah biodata gue dan teman-teman. Gue akan nulis biodata yang  aneh-anah aja, ya.
Pada biodata pribadi gue, gue menulis begini...

Hoby: Bernafas, makan, minum, tidur (ah elah, itu sih bukan hoby, tapi kebiasaan)
Pesan: 2 mangkok mie ayam dan 2 minumannya (nih apa deh, dari kecil gue udah jayus ternyata)
Motto: Maju terus pantang mundur, kalo ada tembok, mundur... (ha?)
Cowo idaman: (masih SMP tapi pikiran gue udah cowo ajeee...)
1. shaleh
2. rajin sholat
3. pintar dunia dan akhirat
4. kalau bisa rambutnya belah tengah
5. lumayan
6. yang paling penting setia dan jujur
(Wow, ternyata kriteria cowo idaman gue terkabul dengan mendapat cowo gue yg sekarang, haha tapi untuk nomor 4, gue kurang yakin, cowo gue belah tengah apa nggak, dan gue juga bingung kenapa dulu gue suka cowo belah pantat kayak gitu, hihi)

Nah, itu bagian dari biodata gue yang menurut gue agak aneh.
Selain biodata, isi buku ini lebih didominasi pantun-pantun yang menurut gue kocak (atau jayus, ya? Entahlah....).

Ikan bandeng jangan dipanggang
Kalau dipanggang banyak minyaknya
Cowok ganteng jangan dipandang
Kalau dipandang banyak tingkahnya

Buah dondong di dalam botol
Dia ganteng aku kecantol

Beribu-ribu pohon pepaya
Hanya satu pohon beringin
Beribu-ribu cowo yang kusuka
Hanya satu yang kuingin

Gue heran sama kereta api
Enggak ditarik jalan sendiri
Gue heran sama lelaki
Enggak ditaksir datang sendiri

Mak belikan aku gitar
Tapi yang warnanya coklat
Mak carikan aku pacar
Tapi yang rajin solat

Aku ingin punya gitar
tapi buatan Australia
Aku ingin punya pacar
tapi yang sangat setia

Bagaimana membelah nanas
Ambil pisau belah dua
Bagaimana hati tak panas
Melihat pacar jalan berdua

Jalan-jalan ke Pulau Seribu
Sungguh indah si Pulau Karang
Sungguh malang nasib diriku
Punya pacar diambil orang

Beli ikan di pasar kain
Dia nggak mau cari yang lain

Paling enak makan agar-agar
di makan dingin terasa segar
Paling enak jadi pelajar
di sekolah mencari pacar

Jalan-jalan ke kota Paris
Lihat rumah berbaris-baris
Biar mati di ujung keris
Asalkan dapat .... yang manis (coba diisi Lia, haha)

Hujan debu di Jawa Barat
Hujan gerimis di Jawa Timur
Kalau rindu kirimlah surat
Jangan menangis di tempat tidur

Buah mangga buah mengkudu
Tak disangka ada yang menunggu

Janganlah menulis di atas kaca
Menulislah di atas meja
Janganlah menangis karena cinta
Menangislah karena dosa

Buah dondong buah atep
Dulu bencong sekarang tetep

Lebih enak minum kopi
Daripada minum bir
Lebih enak cium di pipi
Daripada cium di bibir (et dah zaman SMP udah main cium-ciuman -___-)

Jalan-jalan ke Ciater
Jangan lupa bawa tiker
Kalau Anda ingin pinter
Ikuti taktik Meigever (nih anak nulisnya beneran gini loh)

Soto babat campur usus
Kita bersahabat jangan sampai putus

Buat apa berkain batik
Kalau tidak berselendang
Buat apa berwajah cantik
Kalau tidak bersembahyang

Terus ada beberapa temen gue yang nulis begini

Cewek yang asik dijadiin temen
Belum tentu asik dijadiin pacar
and sebaliknya

Cewek yang kusapa
Dia yang kusuka (sumpah nih kocak, soalnya nih anak nyapa smua cewe kayaknya dan sering banget "nembak" cewe, gue salah satu cewe yang ditembak tapi gue tolak :p)

Dan di bawah ini bermain kepanjangan singkatan

L = Lupakan
U = Urusan
P = Pacar
U = Utamakan
S = Sekolah

N = Negara
A = Akan
R = Runtuh
K = Kalau
O = Orang
T = Tidak
I = Ingat
K = Kepada
A = Allah

Dan ada yang gue herankan, soalnya 'kan SMP, masa ada yang nulis kayak gini....

A = Aku                    W = Waktu                         C = Ciuman
R = Rela                   A = Ayah                             I = Itu
D = Ditiduri              N = Niduri                           N = Najis
A = Asal                    I = Ibu                                T = Tapi
T = Tidak                 T = Terlahirlah                     A = Asyik
H = Hamil                 A = Aku
(Astagaaaa..... ini anak SMP salah pergaulan kayaknya, haha kacauuu....)

Setelah gue baca ulang, sepertinya otak anak-anak SMP, khususnya gue dan temen-temen gue, adalah cowo atau cewe ya? Pantun tentang pacaran kebanyakan. haha

Nah itu dia isi diary gue, masih ada 3 buku diary lain di tangan gue, mengisahkan curhatan kelas 3 SMP dan kehidupan SMA gue sampe kelas 3, tapi anehnya ketika kuliah, gue udah nggak nulis diary lagi, entah kenapa. Ups, kayaknya nulis deh, tapi terakhir nulis ketika gue putus sama pacar yang jadiannya pas lulus-lulusan SMA, abis itu buku gue bersih nggak ada curhatan. Menurut gue sih, secara gue masuk Sastra Indonesia, tugas tulis-menulis banyak banget, apalagi semester satu, jadi kemungkinan nggak ada waktu untuk nulis makanya gue nggak nulis diary lagi semenjak itu.

Padahal sebenarnya manfaat nulis diary udah gue rasakan sekarang yaitu gue jadi inget kejadian-kejadian yang pernah gue lalui ketika SMP dan SMA. Yah, sampai sekarang, sampai  tulisan di blog ini gue tulis, keinginan untuk menulis diary belum muncul lagi. Atau mungkin masa-masa itu udah lewat, who knows? Hmm, eh kayaknya nge-blog termasuk nulis diary deh, jadi intinya gue belum berhenti menulis dong? :D. 

Oke deh, thanks yang udah sempet-sempetin baca, silakan meninggalkan komentar jika berkenan. Terima kasih sebelumnya. :)

6 komentar:

  1. ternyata bakat itu sudah ada sejak zaman dahulu kala yaaa??? :D

    BalasHapus
  2. @juna: yah dia numpang ketawa. haha
    @ririn: bakat apa nih riiin??? :p

    BalasHapus
  3. wow hebat banget buku hariannya,,,dari mana mbk ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. @wayan agy: dari rumahnya laahh... :D




      Hapus
    2. @wayan: Itu buku harian saya ketika masih SMP. hehe

      @melindaa: terima kasih sudah menyempatkan diri untuk berkomentar

      Hapus